. T E L E M A T I K A .

Teknik Informatika | UMNU Kebumen

Catatan Mahasiswa Teknik Informatika UMNU Kebumen

Minggu, 04 November 2018

Bagaimana Komputer Berkomunikasi?


Komputer telah menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia saat ini. Komputer digunakan hampir di segala lini kehidupan manusia, terlebih dalam komunikasi.

Orang-orang saat ini nampak lebih sering melakukan komunikasi jarak jauh menggunakan perangkat komputer ataupun smartphone.

Lantas bagaimana bisa perangkat komputer yang tersebar di seluruh dunia dapat saling terhubung dan menjadi media komunikasi yang luarbiasa luas jangkauannya dan cepat transmisinya?

Semua itu bisa dilakukan karena adanya suatu Protokol. Protocol disini diartikan sebagai Tugas, tanggung jawab dan prosedur yang harus dilakukan agar antar komputer dapat saling berkomunikasi.

Protokol itu disebut TCP/IP.  TCP/IP adalah kependekan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol yang merupakan protocol standar untuk proses tukar menukar data antar komputer (Komunikasi) dalam jaringan internet.

TCP/IP akan dibagi menjadi beberapa divisi/bagian/layer/ untuk melakukan proses dan tugasnya secara spesifik untuk memproses data yang akan dikirim dan diterima perangkat komputer melalui media kabel (wired) atau non kabel (Wireless).

TCP/IP mengatur standar bagaimana data bisa dikirim dan diterima antar komputer dengan menggunakan jaringan yang ada saat ini yaitu jaringan internet.

Komputer dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan jaringan internet jika komputer tersebut mengikuti jalur komununikasi standar yang ditetapkan, Dalam hal ini adalah TCP/IP yang digunakan sebagai standar protocol pertukaran data dalam jaringan global internet. komunikasi dalam dunia komputer diartikan sebagai proses downlad (menerima) dan upload (mengirim) data. atau sering kita sebut komputer sudah bisa konek,kalau sudah konek berarti komputer (pc,laptop,smartphone,smartdevice) sudah bisa melakukan proses komunikasi (kirim dan terima data).

TCP/IP merupakan protocl suit (banyak bagian) yang bekerja dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing sebagai satu kesatuan. Pembagian Tugas TCP/IP (Protocol Layer) akan saya jelaskan lebih detail disini.


Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Ajah ketinggalan informasi seputar Kebumen ya. Pantau terus - Berita Kebumen
Monggo langganan..